Cara mengatasi smartphone android lemot



Mungkin diantara kita pernah mengalami smartphone android kita terasa lambat bahkan terkadang mengalami force close. Hal tersebut tentu sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman dalam menggunakan smartphone. Dari sekian banyak hal yang menyebabkan smartphone kita lambat adalah keterbatasan memori. 

Smartphone android memiliki dua jenis memori yaitu RAM dan internal memory. Apabila salah satu atau keduanya berlebihan beban memory tentu smartphone kita akan lambat. Kita harus secara rutin membersihkan memory tersebut agar smartphone andorid kita berlajan lancar dan lebih cepat. 

RAM

Kebanyakan smartphone android keluaran lama, memiliki kapasitas memory yang tidak terlalu besar. Rata-rata hanya 512 MB hingga 1 MB. Semakin banyak aplikasi yang kita install dan kita jalankan tentu beban memory pada RAM akan semakin besar. Hal tersebut membuat android kita lambat

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi android lambat ?. Sebaiknya kita hanya menginstall aplikasi yang benar-benar kita butuhkan. Sesuaikan juga software requirement yang akan kita install. Jangan kita menginstall aplikasi-aplikasi yang membutuhkan RAM besar apabila kapasitas RAM kita kecil. 


Bagaimana dengan penggunaan aplikasi task killer yang banyak beredar di Play Store? Penggunaan task killer rata-rata hanya menghentikan process secara sementara. Setelah anda matikan task tersebut, beberapa waktu kemudian task tersebut akan secara otomatis jalan kembali. Di Play Store terdapat banyak aplikasi yang berfungsi untuk membaca penggunaan RAM oleh aplikasi. Dari aplikasi tersebut kita bisa melihat aplikasi yang paling banyak menghabiskan RAM. Pilihlah aplikasi yang sekiranya menjadi prioritas terakhir kebutuhan anda kemudia uninstall aplikasi tersebut. Apabila anda tidak menghendaki uninstall aplikasi anda dapat menggunakan aplikasi yang mampu membatasi penggunaan RAM, sehingga RAM anda akan tetap terjaga free kapasitasnya.

Internal Memory

Pada saat kita membeli smartphone, tentu internal memory harus mendapat perhatian. Misalnya kita membeli smartphone dengan internal memory 4 GB, bukan berarti kita bisa menyimpan 4 GB file kita dalam smaptphone tersebut. Perlu diketahui bahwa Android menggunakan sebagian internal memory tersebut untuk file systemnya. Pada umumnya penggunaan file system mencapai sepertiga dari internal memory, namun ada juga yang mencapai setengah dari internal memory. Jadi apabila anda membaca iklan smartphone dan anda berniat membelinya, perhatikan hal tersebut ya. Tanyakan kepada penjualnya apabila perlu.


Semakin banyak game, aplikasi, foto yang kita simpan dalam internal memory dapat membuat smartphone kita terasa lambat. Oleh karena itu, perhatikan kapasitas penyimpanan internal memory yang ada. Mungkin anda perlu menghapus beberapa data yang tidak anda perlukan lagi. Apabila smartphone anda memiliki dukungan eksternal memory anda dapat menambahkannya guna meningkatkan kapasitas memory anda. Pindahkan file-file anda ke dalam eksternal memory untuk mengurangi beban internal memory. Beberapa aplikasi juga dapat anda pindahkan ke eksternal memory. Di play store tersedia banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk memindahkan aplikasi ke eksternal memory. 

Penggunaan memory dengan hemat dan bijak akan membuat smartphone anda lancar dan terasa cepat. Jadi perhatikan RAM dan Internal Memory anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment